I.
PENDAHULUAN
A.
LatarBelakang
Untuk menyambut kehadiran calon
siswa-siswi baru ini, diperlukan adanya kegiatan pengenalan terhadap
lingkungannya yang baru di SMA Alfalah Cibinong, rangkaian kegiatan pengenalan ini
dirangkum menjadi satu dalam kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)
Bagi Siswa Baru.
Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan
Sekolah (MPLS) Bagi Siswa Baru ini diisi dengan materi sebagaimana yang telah
diatur dalam permendikbud No.18 Tahun 2016 tentang pengelan lingkungan sekolah
bagi siswa baru diantaranya mengenali potensi diri siswa, adaptasi dengan
lingkungan sekolah, mengenal warga sekolah, sarana dan prasarana sekolah, cara
belajar, dan menumbuhkan perilaku yang positif
dan mandiri.
B.
DASAR HUKUM
1.
Undang-Undang
No 4 Tahun 1979 tentang Kesejahteraan Anak ( Lembaran Negara Republik Indonesia
Tahun 2002 no 109, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia No 4235 )
2.
Undang
–Undang No 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Undang-Undang no 23 tahun 2002
tentang Perlindungan Anak ( Lembaran Negara RI tahun 2014 no 297, Tambahan Lembaran
Negara RI no 5606 )
3.
InstruksiPresiden
No 05 tahun 2014 tentang Gerakan Nasional Anti kejahatan Seksual terhadap Anak
4.
Permendiknas
no 39 tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan
5.
Permendiknas
no 62 tahun 2014 tentang Kegiatan Ekstrakurikuler pada Pendidikan dasar dan Menengah
( Berita Negara RI tahun 2014 No 958 )
6.
Permendikbud no 82 tahun 2015 tentang Pencegahan
dan Penanggulangan Tindak Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan
7.
Permendikbud no 18 tahun 2016 tentang Pengenalan
lingkungan Sekolah bagi Siswa baru
8.
Kebijakan Pemerintah Propinsi Jawa Barat tentang
Tolak segala bentuk Kekerasan terhadap Anak
C.
TUJUAN KEGIATAN
1.
Memperkenalkan siswa/I baru
terhadap warga sekolah sekolah
2.
Memperkenalkan siswa/I baru
mengenai sarana dan prasarana sekolah
3.
Memperkenalkan siswa/I baru
terhadap tentang kurikulum dan cara belajar di SMA Alfalah
5.
Mempersiapkan
siswa berprestasi dan aktif dalam kegiatan ekstrakulikuler.
6.
Memberikan wawasan
terhadap siswa baru sebagai wahana pengembangan diri, menjadi siswa yang cakap,
tanggap, dan patuh terhadap tata tertib sekolah
7.
Memberikan
pembiasaan terhadap kedisiplinan tata tertib sekolah.
D.
NAMA KEGIATAN
Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Bagi Siswa Baru SMA Alfalah
Cibinong Tahun Pelajaran 2016/2017
E.
JENIS KEGIATAN
1.
Pemberian
Materi
2.
Simulasi
3.
Observasi
4.
Praktik
F.
WAKTU DAN TEMPAT
Hari : Selasa s.d Kamis
Tanggal : 19 s.d 21 Juli 2016
Tempat : SMA Alfalah
Cibinong
G.
SASARAN KEGIATAN
Sasaran kegiatan ini adalah siswa dan siswi baru di SMA Alfalah Cibinong
Tahun Pelajaran 2016/2017.
II.
PELAKSANAAN KEGIATAN
A.
Materi Kegiatan
Materi kegiatan dalam
Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah sesuai dengan amanat Permendikbud no 18 tahun 2016 tentang Pengenalan lingkungan Sekolah
bagi Siswa baru, ditambahkan materi Gerakan Jabar Tolak
Kekerasan
B.
Pelaksana Kegiatan
Pelaksanaankegiatan
di sekolah menjadi tanggung Jawab Kepala
Sekolah dengan melibatkan guru-guru.. Dalam pelaksanaan materi kegiatan,
sekolah berkoordinasi dengan fihak terkait.
C.
Jadwal
Kegiatan
Selama
penyelenggaraan Masa Pengenalan
Lingkungan Sekolah (MPLS) Bagi Siswa Baru Tahun Pelajaran 2016/2017, para siswa
baru akan menerima materi sesuai Permendikbud No 18 Tahun 2016 dan melaksanakan
kegiatan berupa:
1. Pengisian formulir siswa baru dan Fomulir dapodik oleh orang siswa dan orang
tua/wali
2. Kegiatan pengenalan warga sekolah; Pengenalan stakeholders sekolah
lainnya.
3. Kegiatan pengenalan visi-misi, program, kegiatan, Mengenalkan kegiatan
ekstra kurikuler yang ada di sekolah
4. Pengenalan cara belajar,
budaya dan tata tertib sekolah; Simulasi penyelesaian suatu masalah untuk
menumbuhkan motivasi dan semangat belajar siswa;
5. Kegiatan pengenalan fasilitas sarana dan prasarana sekolah dengan
memegang prinsip persamaan hak seluruh siswa; Menginformasikan
fasilitas-fasilitas umum di sekitar sekolah. Mengajak siswa berkeliling ke
seluruh area sekolah, sambil menjelaskan setiap fasilitas, sarana, dan
prasarana yang terdapat di sekolah serta kegunaannya. Pengenal Penggunaan
sumber daya sekolah (air, listrik, telepon, dsb)
secara efisien. Menginformasikan kewajiban pemeliharaan fasilitas dan sarana
prasarana sekolah dan fasilitas-fasilitas umum. Menginformasikan daerah rawan
di sekitar sekolah.
6. Kegiatan pengenalan etika komunikasi, termasuk tata cara
menyapa/berbicara menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Pembiasaan salam, senyum, sapa, sopan, dan santun dan Pengenalan etika
pergaulan antar siswa serta antara siswa dengan guru dan tenaga kependidikan,
termasuk kepada sikap simpati, empati, dan saling menghargai, serta sportif.
7. Kegiatan penanaman dan penumbuhan akhlak dan karakter, Beribadah
keagamaan bersama, pengenalan pendidikan anti korupsi, cinta lingkungan hidup,
dan cinta tanah air, dan Pemilihan tema kegiatan pengenalan lingkungan sekolah
yang sesuai dengan nilai-nilai positif.
8. Kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah dan pengenalan tata cara
membuang sampah sesuai dengan jenis sampah
9. Kegiatan pendidikan bahaya pornografi, narkotika psikotropika, dan zat
adiktif lainnya antara lain bahaya merokok.
10. Mengajarkan simulasi antri melalui baris
sebelum masuk kelas, dan pada saat bergantian
memakai fasilitas sekolah. Kegiatan pengenalan dan keselamatan berlalu lintas.
11. Kegiatan yang menjalin keakraban antar siswa dengan warga sekolah antara
lain dengan permainan atau diskusi kelompok, Kegiatan atraksi
masing-masing kelas, antara lain perlombaan bidang kesenian, dan olahraga.
III. PENUTUP
Kegiatan
Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah( MPLS ) di SMA Alfalah Cibinong diharapkan dapat menciptakan dan menumbuhkembangkan
pertumbuhan mental anak yang baik. Siswa diharapkan mampu memiliki keunggulan
mental, keunggulan kemampuan, keunggulan motivasi serta kejujuran dalam hidup bermasyarakat.
Semoga
penyelenggaraan kegiatan MPLS di SMA Alfalah Cibinong Tahun 2016 ini dapat berjalan
dengan lancar.
Ucapan
terima kasih disampaikan kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini.
Semoga Allah SWT memberkahi kita semua. Amiin.
LAMPIRAN 1
IKRAR
JABAR TOLAK KEKERASAN
KAMI, SISWA SISWI
JAWA BARAT BERIKRAR
1. SELALU MENJAGA DIRI DARI SEGALA BENTUK KEKERASAN, KEJAHATAN DAN
PENYIMPANGAN SEKSUAL
2. MENJAUHI SEGALA SESUATU YANG MENYEBABKAN TERJADINYA KEKERASAN,
KEJAHATAN DAN PENYIMPANGAN SEKSUAL
3. MENJAUHI TINDAKAN YANG MENYAKITI, MERENDAHKAN, MENGHILANGKAN MARTABAT
DAN KEHORMATAN DIRI DAN ORANG LAIN
4. MENGAJAK ORANG LAIN UNTUK BERSAMA SAMA MENOLAK TINDAKAN KEKERASAN,
KEJAHATAN DAN PENYIMPANGAN SEKSUAL
5. MENCARI PERTOLONGAN DAN MELAPORKAN SEGALA BENTUKKEKERASAN, KEJAHATAN
DAN PENYIMPANGAN SEKSUAL YANG MENIMPA DIRI, TEMAN DAN ORANG LAIN
6. BERTEKAD MENJADI ANAK YANG BERAKHLAK MULIA, MEMBANGGAKAN ORANG TUA DAN
BERGUNA BAGI AGAMA, BANGSA DAN NEGARA
LAMPIRAN 2
SILABUS
PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH (MPLS)
BAGI SISWA
BARU
No.
|
Tujuan
|
Kegiatan
|
|||
Wajib
|
Pilihan
|
||||
1.
|
|
a. Pengisian formulir siswa baru oleh orang tua/wali;
b. Kegiatan pengenalan siswa (khusus SD, siswa dapat dikenalkan
oleh orang tua).
|
|
||
2.
|
Membantu
siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain
terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah
|
|
|
||
3.
|
Menumbuhkan
motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru
|
1. Simulasi
penyelesaian suatu masalah untuk menumbuhkan motivasi dan semangat belajar
siswa;
2. Kegiatan
pengenalan etika komunikasi, termasuk tata cara menyapa/berbicara menggunakan
Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
|
1. Pengenalan
metode pembelajaran dalam bentuk quantum learning (speed reading, easy
writing, mind mapping, super memory system).
2.
Mendatangkan narasumber dari berbagai profesi untuk berbagi pengalaman.
3. Kegiatan
pengenalan kewirausahaan.
4. Kegiatan
pengenalan institusi pasangan pada sekolah kejuruan.
|
||
4.
|
Mengembangkan
interaksi positif antarsiswa dan warga sekolah lainnya
|
1. Pembiasaan salam, senyum,
sapa, sopan, dan santun;
2. Pengenalan etika pergaulan
antar siswa serta antara siswa dengan guru dan tenaga kependidikan, termasuk
kepada sikap simpati, empati, dan saling menghargai, serta sportif.
|
1. Kegiatan atraksi masing-masing kelas, antara
lain perlombaan bidang kesenian, dan olahraga.
2. Kegiatan yang menjalin keakraban antar siswa
dengan warga sekolah antara lain dengan permainan atau diskusi kelompok.
|
||
5.
|
Menumbuhkan
perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai,
menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisplinan, hidup bersih dan sehat
untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan
semangat gotong royong pada diri siswa.
|
1. Kegiatan penanaman dan penumbuhan akhlak dan
karakter;
2. Pengenalan budaya dan tata tertib sekolah;
3. Pemilihan tema kegiatan pengenalan lingkungan
sekolah yang sesuai dengan nilai-nilai positif.
|
1. Beribadah
keagamaan bersama, pengenalan pendidikan anti korupsi, cinta lingkungan
hidup, dan cinta tanah air.
2. Kegiatan
kebanggaan terhadap keanekaragaman dan kebhinekaan, antara lain pengenalan
suku dan agama, penggunaan pakaian adat di sekolah.
3. Kerja bakti
membersihkan lingkungan sekolah dan pengenalan tata cara membuang sampah
sesuai dengan jenis sampah.
4. Penggunaan sumber daya sekolah (air, listrik,
telepon, dsb) secara efisien.
5. Mengajarkan simulasi antri melalui baris sebelum
masuk kelas, dan pada saat bergantian memakai fasilitas sekolah.
6. Kegiatan pendidikan bahaya pornografi, narkotika
psikotropika, dan zat adiktif lainnya antara lain bahaya merokok.
7. Kegiatan pengenalan dan keselamatan berlalu
lintas.
|
ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ
ٱلْعَٰلَمِين
0 komentar:
Posting Komentar